Pada zaman
sekarang pendidikan berkembang semakin pesat. Bidang pendidikan mulai
banyak perubahan dari strategi pembelajaran, penilaian, RPP maupun lainnya.
Perubahan ini karena adanya kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Kurikulum 2013
diwajibkan siswa dan guru saling berinteraksi lebih baik, pelajaran lebih
menyenangkan dan menarik perhatian siswa.
Kegiatan belajar
mengajar dalam dunia pendidikan melibatkan berbagai komponen yaitu peserta
didik, guru (pendidik), tujuan pembelajaran, isi pelajaran, model pembelajaran,
metode mengajar, media, dan evaluasi. Tujuan pembelajaran adalah perubahan
perilaku dan tingkah laku yang positif dari peserta didik setelah mengikuti
kegiatan belajar mengajar, seperti perubahan yang psikologis akan muncul dalam
tingkah laku yang dapat diamati oleh alat indera oleh orang lain, baik tutur
katanya, motorik dan gaya hidupnya.
Untuk mencapai belajar mengajar yang menyenangkan, kreatif dan menarik perhatian siswa dalam mata pelajaran PKN salah satunya menggunakan strategi TGT (Team Game Turnamen), langkah- langkahnya sebagai berikut:
a. Presentasi Kelas
Materi dalam
TGT pertama diperkenalkan
dalam presentasi di dalam kelas. Pengajaran atau diskusi langsung dipimpin oleh
guru.
b. Kelompok tim
Satu
kelompok terdiri dari 4 sampai 5 orang peserta didik yang anggotanya heterogen. Masing-masing kelompok diberi
tugas untuk belajar bersama supaya semua anggota kelompok dapat memahami materi
pelajaran dan dapat menjawab pertanyaan dengan optimal pada saat game dan
turnamen mingguan.
c. Game
Guru menyiapkan pertanyaan (game) untuk menguji
pengetahuan yang diperoleh peserta didik dari
penyajian kelas dan belajar kelompok. Peserta didik
memilih nomor game dan mencoba menjawab pertanyaan yang sesuai dengan nomor
itu. Peserta didik yang dapat menjawab pertanyaan dengan benar akan mendapat
skor, kemudian skor tersebut dikumpulkan untuk turnamen mingguan.
d. Turnamen
Turnamen dilakukan seminggu sekali atau setiap satu
satuan materi pelajaran telah selesai dilaksanakan. Peserta didik melakukan
permainan (game) akademik yaitu dengan cara berkompetisi dengan anggota
tim yang memiliki kesamaan tugas/materi yang dipelajari. Guru menyiapkan
beberapa meja turnamen. Setiap meja diisi oleh tiga peserta didik yang memiliki
kemampuan setara dari kelompok yang berbeda (peserta didik yang pandai
berkompetisi dengan peserta didik pandai dari kelompok lainnya, demikian pula
peserta didik yang kurang pandai juga berkompetisi dengan peserta didik yang
kurang pandai dari kelompok lain).
e.
Tim Recognize
Tim yang menunjukkan kinerja paling baik akan mendapat
penghargaan atau sertifikat. Seperti layaknya lomba, tim yang paling banyak
mengumpulkan poin/skor akan mendapat predikat juara umum, kemudian juara
berikutnya berurutan sesuai dengan jumlah poin/skor yang berhasil diraihnya.
Komentar
Posting Komentar